PROPOSAL PROGAM KREATIFITAS MAHASISWA
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Internet merupakan salah
satu media yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain sebagai media
informasi, internet juga berperan penting dalam ilmu pengetahuan. Internet
sepertinya sudah menyatu dengan kehidupan zaman sekarang. Dari internet, kita
bisa memperoleh apapun yang kita cari,mulai dari hal-hal yang penting sampai
hal yang paling kecil sekalipun. Di samping itu, melalui media ini juga
kehidupan kita bisa terbantu karena banyak sekali hal-hal yang sangat
bermanfaat dalam dunia maya tersebut.
Internet juga menjadi salah satu
alternatif untuk menjalin silaturahmi dengan orang lain. Banyak situs-situs
jejaring sosial yang membantu penikmat internet ini untuk berkomunikasi dengan
orang lain tanpa mengenal jarak dan waktu. Dengan internet, kita bisa menghemat
tenaga dan biaya yang jauh lebih besar daripada harus bertemu atau berkunjung
ke tempat orang lain.
Informasi di internet sangatlah
bervariasi. Tentunya akan sangat banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang
akan kita peroleh melalui internet ini. Semua itu tergantung dari diri kita
sendiri.
Internet merupakan terobosan terbaru
dalam 10 tahun terakhir ini. Pengguna internet dari tahun ke tahun menunjukkan
peningkatan sekitar 2%. Semakin hari, semakin banyak orang yang sangat
menikmati manfaat dari internet ini. Melihat besarnya animo serta permintaan
yang tinggi terhadap layanan internet ini, maka hal tersebut merupakan peluang
untuk dijadikan usaha baru dengan membuka fasilitas hotspot.
Selain usaha ini membutuhkan modal
yg tidak terlalu besar,peluang dalam bidang ini juga sangat besar karena masih
sedikit orang yang memanfaatkan usaha ini. Biaya untuk mengakses internet
dengan memanfaatkan hotspot ini juga lumayan kecil.
Dalam masyarakat,sudah tidak jarang
lagi orang mempunyai laptop. Laptop bagaikan kebutuhan penting dalam masyarakat
unutk membantu mempermudah pekerjaan. Selain itu,laptop juga merupakan media
hiburan bagi masyarakat sekaligus media untuk menikmati fasilitas internet.
Dengan melihat kenyataan ini, maka sangatlah besar peluang usaha dalam bidang
internet khususnya memanfaatkan fasilitas hotspot.
B. PERUMUSAN MASALAH
Rumusan Masalah dalam Program
Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang Kewirausahaan ini adalah:
- Bagaimana mengawali kegiatan wirausaha hotspot sebagai fasilitas untuk menikmati layanan internet
- 2. Bagaimana mempromosikan hotspot agar masyarakat mengetahui layanan internet tersebut
- 3. Bagaimana memberikan pengaruh positif kepada masyarakat akan bisnis ini
- 4. Bagaimana memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan yang positif bagi masyarakat
C. TUJUAN PROGAM
Tujuan dari Program
Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang kewirausahaan ini adalah:
- Merintis wirausaha hotspot sebagai fasilitas untuk menikmati layanan internet
- Dapat mempromosikan hotspot agar masyarakat mengetahui layanan internet tersebut
- Dapat menunjukkan bahwa bisnis ini sangat baik untuk dijalankan mengingat besarnya potensi dari bisnis ini.
- Dapat memberikan masyarakat wawasan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat melalui media internet
D. GAMBARAN UMUM USAHA
1. Ide
Produk
Saat ini, usaha hotspot belum begitu
banyak diperhatikan. Ini terjadi karena masyarakat khususnya di kota Praya
belum memahami tentang manfaat internet dalam kehidupan yang akan datang. Kota
Praya merupakan daerah sasaran yang sangat tepat untuk memajukan usaha ini
karena memiliki potensi yang sangat besar. Ide pembuatan usaha ini berasal dari
adanya keinginan untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan dalam
masyarakat. Usaha hotspot dipilih karena membutuhkan modal yang tidak terlalu
banyak dan kenyataan bahwa banyak masyarakat yang memiliki fasilitas untuk
menikmati layanan internet serta besarnya peluang di dalam bidang ini.
2.
Deskripsi Usaha
Wirausaha baru di bidang hotspot ini
sangat potensial menjadi unit usaha baru karena usaha tersebut merupakan suatu
inovasi baru di bidang internet, selain itu keunggulan yang dimiliki usaha
tersebut sangatlah banyak salah satunya adalah memiliki potensi yang besar
karena masih sedikit pesaing. Apalagi di daerah Praya yang masih sangat minim
akan pengetahuan dan teknologi baru. Keunggulan dari usaha ini antara lain
manfaatnya bagi masyarakat yaitu sangat baik untuk menambah wawasan dan ilmu
pengetahuan.
3.
Analisa Pemasaran Produk
Strategi pemasaran yang kami gunakan
adalah :
- Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan
harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap
menjaga kualitas usaha (kelancaran dan kecepatan mengakses internet), dengan
kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.
- Strategi Promosi
- Publikasi produk untuk promosi dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pemilik operator telepon seluler yang memiliki akses internet dimana perusahaan ini merupakan semacam inkubator bisnis bagi karya mahasiswa yang layak untuk dikomersialisasikan, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia internet dan komputer, mengikuti sejumlah pameran yang berhubungan dengan internet dan komputer,dan ikut serta mengadakan beberapa pelatihan yang berhubungan dengan internet.
- Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
- Setiap pelanggan yang menikmati fasilitas hotspot akan mendapatkan satu botol soft drink. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
G. METODOLOGI PELAKSANAAN
Tempat usaha hotspot ini
adalah di daerah Praya, Lombok Tengah. Untuk merealisasikan usaha hotspot akan
dilaksanakan tahapan kerja sebagai berikut :
- 1. Persiapan perlengkapan Usaha
Pada tahap ini dilakukan pembelian
peralatan yang dibuthkan untuk melaksanakan usaha, peralatan tersebut antara
lain :
- Wireless
- Cok roll
- Meja kecil
- Network cabel
- Kipas angin
- 2. Perakitan alat
Bahan yang diperlukan pada perakitan
fasilitas hotspot adalah wireless dan network cabel. Kita hanya menghubungkan
wireless dengan network cabel.
- 3. Peningkatan kualitas
Penempatan wireless sangat
berpengaruh terhadap kecepatan mengakses internet dan kelancaran internet.
Berikut beberapa cara mempercepat koneksi wireless :
- Menjauhkan wireless dengan bahan yang terbuat metal atau baja karena dapat memantulkan gelombang
- Menjaga agar wireless tidak terlalu panas dengan meletakkan kipas angin di dekat wireless dengan tujuan agar kecepatan akses stabil
- Meletakkan wireless dengan ketinggian tertentu agar mendapatkan sinyal atau gelombang secara cepat
Selain meningkatkan kecepatan
wireless, salah satu cara meningkatkan pengunjung adalah dengan meningkatkan
faslitas tempat hotspot. Dengan memberikan kenyamanan kepada pelanggan
merupakan salah satu cara yang ampuh.
H. RANCANGAN BIAYA
PEMASUKAN
NO.
|
SUMBER
|
PEMASUKAN
|
1.
|
Dikti
|
Rp. 6.000.000,00
|
2.
|
Dana Lain
|
Rp. 500.000,00
|
TOTAL
|
Rp. 6.500.000,00
|
PENGELUARAN
- Biaya Pelaksanaan dan Operasional Awal Usaha Hotspot
No
|
Pemanfaatan
|
jumlah (buah)
|
harga satuan
|
total biaya
|
1.
|
Modal Awal Operasional Usaha
|
2,700,000.00
|
||
2.
|
Biaya promosi
|
800,000.00
|
||
3.
|
Pembelian wireless
|
1,800,000.00
|
||
4
|
Biaya pendaftaran tempat usaha
|
500,000.00
|
||
5
|
Transportasi
|
500,000.00
|
||
6
|
Komunikasi
|
500,000.00
|
||
jumlah
|
Rp. 6,500,000.00
|
Analisis Usaha Hotspot
A. Biaya Tetap (Fix Cost)
Uraian
|
Jumlah
|
Harga
Satuan (Rp.)
|
Besarnya(Rp)
|
Peralatan :
|
|||
Wireless
|
2 buah
|
900,000
|
1.800,000
|
Kipas angin
|
2 buah
|
100,000
|
200.000
|
Meja kecil
|
10 buah
|
50,000
|
500,000
|
Network kabel
|
5 meter
|
5,000
|
25,000
|
Cok roll
|
10 buah
|
17,500
|
175,000
|
Total
|
2,700,000
|
B. Variable Cost (dalam 30 hari )
No.
|
Uraian
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp.)
|
Besarnya (Rp.)
|
1.
|
Teh botol
|
1 kerat
|
100.000
|
100.000
|
2.
|
Fruit tea
|
1 kerat
|
100.000
|
100.000
|
3.
|
Tebs
|
1 kerat
|
100,000
|
100,000
|
4.
|
Biaya tenaga kerja :
|
30 hari
|
400,000
|
1,200,000
|
Total
|
1,500,000
|
- a. Total Biaya Produksi = (Total Investasi + Total biaya operasional pertahun
= Rp.
2,700,000 + (Rp.1,500,000x 12)
= Rp.
20,700,000
b.
pendapatan di hari biasa = Jumlah orang x Waktu (hari) x tarif
= 30
x 25 x Rp. 4,000
= Rp.
3,000,000
pendapatan
di hari libur = Jumlah orang x Waktu (hari) x
tarif
= 50 x 5 x Rp. 4,000
= Rp.
1,000,000
Total Pendapatan = pendapatan di hari biasa +
pendapatan di hari libur = Rp. 3,000,000+ Rp.
1,000,000
= Rp. 4,000,000
pendapatan per
tahun = Rp.
4,000,000.00 x 12 bulan
= Rp.
48,000,000
Waktu siaga (waktu buka) per
tahun = 24 x 360 = 8640
c.
HPP (Harga Pokok Penjualan)
Harga Pokok
Penjualan =
= Rp.
20,700,000
8640
= Rp 2,395.833 à Rp. 2,400
d. Analisis Biaya Manfaat
Keuntungan
= Penerimaan – Total Biaya Produksi
= Rp.
4,000,000 – Rp. Rp.1,500,000
= Rp.
2,500,000
Keuntungan per
tahun = Rp.
30,000,000
e.
Pay Back
Periode =
= 2.700.000 + 18.000.000
30.000.000
= 0,69 tahun = ± 8,28 bulan
I. STRATEGI PEMASARAN
- Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan
harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap
menjaga kualitas usaha (kelancaran dan kecepatan mengakses internet), dengan
kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.
- Strategi Promosi
1. Publikasi produk untuk promosi
dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pemilik operator telepon seluler
yang memiliki akses internet dimana perusahaan ini merupakan semacam inkubator
bisnis bagi karya mahasiswa yang layak untuk dikomersialisasikan, menjalin
kerjasama dengan pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia internet dan
komputer, mengikuti sejumlah pameran yang berhubungan dengan internet dan
komputer,dan ikut serta mengadakan beberapa pelatihan yang berhubungan dengan
internet.
- Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
- Setiap pelanggan yang menikmati fasilitas hotspot akan mendapatkan satu botol soft drink. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
Analisis SWOT:
1. Strength : a. Sedikit pesaing.
b. Modal untuk memulai usaha kecil.
c. Potensi usaha sangat besar di Praya.
d. Respon masyarakat Praya yang positif terhadap teknologi
internet.
2. Weekness : a. Usaha terbilang baru.
b. Belum dikenal.
c. Jumlah tenaga pembantu terbatas.
3. Opportunity: a. Dapat dengan mudah memasuki target
pasar, karena sedikit pesaing.
b. Keunggulan usaha ini yang lebih murah daripada menyewa di
warnet
c. Tarif yang lebih murah
4.
Threath : a. Timbul usaha yang sejenis
b. Jaringan usaha yang belum luas
c. Kesediaan bahan baku yang
terbatas karena harus membeli di daerah luar