02.07
Halo teman, sore - sore gini enaknya duduk santai di depan komputer sambil ngetik buat nulis informasi yang akan saya share ke teman - teman semua. Mudah - mudahan apa yang saya tulis ini sedikit bermanfaat yaa.. :)
Adat Kehidupan Masyarakat Parunglesang Kota Banjar Patroman ( Jawa Barat )
Gerbang Kota Banjar
Baik teman, info kali ini adalah salah satu budaya / kebiasaan di salah satu tempat di Kota Banjar Patroman, Jawa Barat. Nama tempat ini ialah Parunglesang dan sering di singkat menjadi Parles. Tau ga apa yang ada di tempat ini? Ternyata lumayan unik juga dengan apa yang ada di Parles ini, terutama dengan profesi yang suka dilakukan oleh penduduknya.
Penduduk Parunglesang ini hampir semua rumah menjalani profesinya sebagai pedangang tempe kacang kedelai. Tempe? Wah, teman - teman sudah pasti tau kan dengan yang namanya tempe. Benar, tempe merupakan salah satu makanan yang berasal dari negeri Indonesia ( 100% asli Indonesia ) dan Indonesia lah yang pertama kali membuat tempe. Namun memang benar bahwa tempe ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain rasanya yang khas, tempe juga mengandung protein nabati yang cukup banyak.
Kita kembali lagi ke Parles.
Parles ini terletak didekat terminal baru Kota Banjar, tepatnya dekat lapangan bola stadion Patroman. Kalo teman main ke Kota Banjar dengan menggunakan bus, setelah sampai di terminal Kota Banjar mungkin daerah Parles ini akan langsung terlihat oleh teman.
Oh iya, penduduk Parles ini sudah berjualan tempe kacang kedelai sejak saya belum lahir lho. Saya lahir pada tahun 1990, berarti penduduk Parles sudah berdagang tempe lama banget ya. Dan yang saya ketahui salah satunya ialah Bapak Rustam. Beliau adalah salah satu pedagang tempe yang sudah menjalani profesinya sangat lama. Wah semangat deh buat beliau. Semoga semakin maju dan tambah sukses. Hihi...
Perlu teman - teman ketahui, produk tempe dari daerah Parles ini sudah terkenal ke berbagai daerah. Namun ya kebanyakan masih daerah Kota Banjar. Banyak orang yang mengatakan bahwa tempe dari Parles memiliki sedikit keunggulan dan rasa yang sedikit berbeda dengan tempe - tempe hasil daerah lain. Terutama tempe yang dibuat dan dibungkus dengan daun pisang. Hmm...jadi pengen makan goreng tempe.
Nah begitulah teman, informasi yang saya ketahui dari daerah Parunglesang ini. Jadi, bagi yang pengen lebih tau dengan tempe, berkunjunglah kesana. Pasti bakalan dapet ilmu bermanfaat tentang proses pembuatan tempe kacang kedelai. Hehe...