02.23

15 Oktober 2012 perayaan 5 tahun berlangsungnya hari mencuci tangan sedunia.






Seberapa pentingkah mencuci tangan ?

"Mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah infeksi".
"Satu gram kotoran manusia dapat mengandung 10 juta virus dan satu juta bakteri" mencuci tangan dengan sabun dapat membunuh kuman2 ini".


Kotoran manusia adalah salah satu tempat berkembangnya bakteri diare. Disini juga bisa berkembang berbagai bakteri seperti Shigellosis, tipus, kolera, semua umum lainnya endemik gastro-enterik infeksi dan beberapa diantaranya dapat menyebabkan  infeksi saluran pernapasan seperti influenza dan pneumonia. Satu gram kotoran manusia dapat mengandung 10 juta virus dan satu juta bakteri.

Patogen ini ditularkan dari inang yang terinfeksi ke yang baru melalui berbagai rute, semua penyakit berasal dari kotoran. Menghapus kotoran dan membersihkan tangan dengan sabun setelah kontak dengan kotoran seperti selesai menggunakan toilet dan dianjurkan membantu anak-anak mencuci tangan mereka untuk dapat mencegah penyebaran, virus bakteri dan protozoa yang menyebabkan penyakit diare.

Langkah-langkah lain (kebersihan, kesehatan makananair bersih, dan pengendalian lalat) berdampak pada penyakit ini juga, sanitasi dan mencuci tangan memberikan perlindungan maksimal jika selesai kontak dengan kotoran.. Mencuci tangan dengan sabun mencegah penularan  penyakit dan begitu efektif dapat mengurangi resiko diare, infeksi saluran pernapasan dan insfeksi mata jika tangan kontak dengan mata..

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang tinggal di rumahnya para orang tua menganjurkan dan membimbing anak mereka mencuci tangan dengan sabun memiliki resiko terkena diare yang sangat minim. Karena mencuci tangan dapat mencegah penularan berbagai patogen/penyakit. Kebiasaan mencuci tangan bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa daripada vaksinasi atau penanganan medis.