02.22
BAKU TEMBAK TERJADI DENGAN TIM PENANGULANGAN TEROR/GULTOR YONIF 323 RAIDER, 5 TERORIS DIBEKUK.

Tanjungsukur-Banjar 01/11/2012. TIM penanggulangan teror/GULTOR YON 323 terlibat baku tembak dengan 5 tersangka teroris di Jalan Banjar-Pangandaran Tanjungsukur pada kamis siang pukul 11:00 WIB.  Warga tanjungsukur dan sejumlah pengguna jalan kontan saja dikejutkan dengan aksi penyergapan tersangka teroris ini.

Awal kejadian bermula ketika para tersangka teroris membajak sebuah minibus jurusan Tasik- pangandaran yang sarat penumpang, dan tidak hanya itu saja, mereka mengancam akan meledakkan bus dengan bom rakitan sekaligus menyandera seluruh penumpang dengan ancaman senjata api. Bus yang berkapasitas 35 penumpang ini berhasil dicegat oleh tim GULTOR YON 323 di daerah Tanjungsukur Banjar.Tim penyergapan yang melibatkan 20-an Personel terlatih langsung melakukan penyelamatan sandera yang relatif sangat cepat, hanya dalam waktu kurang dari 15 menit tim sudah berhasil menguasai keadaan didalam bus. Sempat terdengar beberapa letusan senjata dan baku tembak dengan para tersangka. Pasukan Khusus Penanggulangan Teror ini dibekali dengan 2 kendaraan tempur yang masing masing bermuatan 5 personel, dipersenjatai dengan senapan mesin ringan, dan satu senapan mesin berat. Adapun yang lainnya meliputi 4 personel pasukan bermotor ,  kendaraan penjinak bom dan tim medis dengan 1 ambulan. Aksi penyergapan ini terbilang sukses, pasalnya tidak ada satupun terdapat korban jiwa, hanya 3 dari 35 penumpang yang mengalami cedera, bom yang berada didalam bus pun berhasil dijinakan, dan para tersangka berhasil ditangkap hidup-hidup  untuk menunjang keperluan penyelidikan selanjutnya.

Tapi tunggu dulu, seluruh rangkaian peristiwa diatas merupakan bagian dari simulasi penangulangan teror YONIF 323 RAIDER yang dibuat senyata mungkin seperti kejadian aslinya.  Tim ini dilatih khusus untuk melumpuhkan aksi terorisme dan  penyelamatan sandera secara cepat dan tepat. Sebelumnya simulasi ini pernah juga dilakukan YONIF 323 dalam medan yang berbeda, yaitu didalam gedung perkantoran. Untuk mendukung latihan ini, jalan raya Tanjungsukur menuju Pangandaran ditutup selama 30 menit. (bubud)

(foto : bubud sihabudin)
MENDEBARKAN. Kejadian diluar skenario..... Seorang pengendara sepeda motor yang menerobos masuk ke areal pelatihan hampir saja tertabrak ranpur GULTOR, berkat kesigapan satgas, pengendara motor selamat dan terhindar dari tabrakan. (lihat debu  akibat pengereman ban depan RANPUR )

Drama penyergapan teroris dan penyelamatan sandera didalam minibus
Tim Ranpur GULTOR bersiap meninggalkan lokasi pasca penyergapan
Satgas bermotor GULTOR yonif 323 raider
Satgas bermotor GULTOR yonif 323 raider
Simulasi, satgas Penanggulangan Teror Yonif 323 raider bersiap melakukan penyergapan tersangka teroris dengan Kendaraan tempur yang dilengkapi  dengan senapan mesin.




Penumpang bus yang mengalami cidera langsung dievakuasi satgas