02.15
3 HARI DIRAWAT TANPA DIDAMPINGI ORANGTUA, ADE HANYA DITEMANI SUSTER PIKET SAJA

Foto : Sendiri tanpa ortu. Dengan bobot tubuh 4 Kg saja, Ade (2 thn 8 bulan) terbaring lemah dan kejang-kejang.
RSUD Banjar 22/02/2013. Ade salah satu balita asal Langkap lancar Bojongkantong Langensari 3 hari sudah mendapatkan perawatan intensif di ruang anak kelas 3. Balita usia 2 tahun 8 bulan ini sesekali menghela nafas dalam-dalam dan melihat sekeliling tempat tidurnya dengan tatapan hampa. Berat badannya yang hanya sekitar 4 Kg membuatnya kesulitan untuk berkomunikasi dan untuk berdiripun sudah tidak kuat lagi.
Kondisi ini diperparah dengan tidak hadirnya orang tua Ade yang seharusnya menunggu dan merawat balita berkulit putih ini, karena diketahui ibu kandung Ade saat ini sedang merawat bayi yang ke-3 dengan usia 6 bulan. Himpitan ekonomi dan kondisi suami yang bekerja serabutan di luarkota memaksa ibu ini merawat ke-3 anak semampunya.
“kami prihatin dengan kondisi ade, sejak 3 hari ia sempat ditemani bibinya, namun itu pun tidak maksimal karena sang bibi pun kini sedang merawat bayinya. Sempat pula ada kakeknya, itu pun Cuma sebentar, selama 3 hari ini ade dirawat dengan mengandalkan suster jaga dan pengawasan dokter” kata otong salah satu penunggu pasien lain. “3 hari yang lalu kami menyaksikan Ade dibawa oleh ibu Walikota karena ada laporan darurat dari kader pkk setempat dan dititipkan langsung kepada manajemen rumahsakit untuk diberikan perawatan”. Pungkasnya.
Kondisi terakhir dari pantauan redaksi, Jantung ade sempat berdenyut sangat lemah dan kejang pada pukul 19:00 WIB. Dokter serta perawat berjuang mengaktifkan kembali denyut jantung dengan memompa dada mungilnya selama  2-3 menit. “Ade sangat sulit makan dan meminum susu, tapi kami tetap berusaha semaksimal mungkin membantunya. Dengan kondisi yang lemah seperti ini, Ade masih memerlukan asupan gizi dan infus untuk menstabilkan cairan tubuhnya”, jelas suster rumah sakit. Untuk semua biaya pengobatan keseluruhan tidak dibebankan kepada keluarga Ade semua sudah diurus pihak manajemen Rumah Sakit.