11.00


(sumber foto : russia today  rt.com)
Hari Jumat ini meteor menghantam russia di daerah urals-chelyabinsk sekitar pukul 9:00 pagi waktu setempat.
Para penduduk setempat menyaksikan gumpalan api dan asap pekat di langit urals. Kejadian ini mengakibatkan langit di urals  memantulkan cahaya kuning api, dentuman keras, kaca2 pecah, bangunan terdekat jatuhan meteor retak dan roboh, di tambah lagi bekas tumbukan meteor membuahkan lubang menganga selebar 10 meter diatas salju musim dingin. Pecahan meteor yang tersisa diketahui berjenis logam dan batuan luar angkasa berwarna gelap.
Puluhan penduduk dilaporkan cidera, dan sejumlah bangunan terbakar akibat hempasan api dan material. Masyarakat setempat sangat terkejut dan menyesalkan tidak adanya "peringatan dini" akan peristiwa ini, padahal teknologi russia dinilai sejajar dengan negara2 adidaya lainnya. Belakangan diketahui bahwa pemerintah rusia telah menembakan rudal untuk menghancurkan meteor namun sayang pecahan inilah yang masih tersisa dan diluar prediksi pihak berwenang.


Badan antariksa rusia roskomos mendeteksi objek tersebut 30 menit sebelum benturan terjadi, dan  kecepatan bola api ini diketahui mencapai 30 KM/detik atau setara 100.000 KM/jam!!!
"INDONESIA WASPADA"
Dini hari nanti sekitar pukul 02:30 WIB Asteroid seluas 2 lapangan sepakbola akan melintasi bumi pada ketinggian 27.000 KM. Seperti dilansir situs resmi nasa, Asteroid ini akan melintasi jalur orbit satelit komunikasi banyak negara, termasuk indonesia. Titik bumi yang terdekat dengan jalur lintasan Asteroid ini adalah, australia (dekat pula dengan indonesia), hingga belahan kutub selatan.
Pihak NASA hanya memperkirakan kemungkinan terburuk adalah terganggunya satelit komunikasi (televisi dan telefon satelit).
"jika Asteroid ini menghantam bumi, dapat melumatkan kota seukuran london radiasinya". ungkap otoritas nasa melalui web resminya.