02.18
SIMSALABIM…JALUR LANGENSARI-BANJAR MENDADAK SIBUK DAN MACET
Sehari setelah longsor terjadi pada kamis malam (03/01) di kawasan panulisan timur cilacap, atau 500 meter dari perbatasan Jateng-Jabar , Jalur utama dialihkan melalui  jalur  alternatif lintas perbatasan ciopat-langensari-Banjar. Hingga siang ini sampai dengan pukul 11:30 WIB terlihat  antrean kendaraan baik dari dan menuju cilacap.

Dinas perhubungan Banjar membagi dua jalur alternatif bagi para pengguna Jalan, yaitu jalan pengairan-langensari digunakan khusus pengguna jalan menuju Jateng dan Jl lembur balong-langensari digunakan khusus menuju Jabar.

Sejumlah ruas jalan mendadak mengalami kerusakan, terlihat jelas di  sepanjang jalan pengairan dan jalan lemburbalong-langensari. Hal ini disebabkan karena ukuran jalan yang relatif sempit dan beban kendaraan yang berat. Ruas jalan yang paling parah mengalami kerusakan adalah jalan Rancakole banjar, pinggiran aspal jalan terlihat retak dan amblas. Dari pantauan redaksi sedikitnya ada 3 truk yang mengalami selip dan amblas di pinggiran jalan. Antrean dan sibuknya lalin membuat kendaraan yang terjebak selip sulit di evakuasi.
Sementara di jalan pengairan pataruman peristiwa pengalihan jalur ini menimbulkan  lubang2 besar  pinggiran jalan akibat tekanan beban mobil2 besar.

Demi menjaga ketertiban dan jalannya arus kendaraan, sejumlah rambu penunjuk jalan dan petugas dari dishub serta polresta Banjar  di tempatkan di setiap titik persimpangan. 

(bubud)