19.58
BANJAR – Iring-iringan dua ribuan pehobi sepeda memadati jalanan di pusat Kota Banjar, kemarin (24/6) pagi. Mereka yang terdiri dari berbagai komunitas sepeda dan masyarakat ini, mengikuti sepeda santai untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-66.
Sepeda santai dimulai sekitar pukul 07.30 di Mapolres Banjar dan finish di Banjar Water Park. Peserta dilepas langsung Kapolres Banjar AKBP Sambodo Purnomo Yogo SIK MTCP. Rute yang ditempuh peserta sekitar 10 Km dengan waktu tempuh sekitar satu jam.
Ditemui usai kegiatan di Banjar Water Park, Kapolres AKBP Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, acara ini terlaksana atas kerja sama Polres Banjar dengan Harian Pagi Radar Banjar (grup Radar Tasikmalaya).
Dia berharap, kegiatan sepeda santai ini bisa lebih mendekatkan dan mengakrabkan warga dengan polisi. Selain itu, masyarakat juga diharapkan bisa membiasakan hidup sehat dengan olahraga bersepeda. “Dengan acara ini kami berharap semoga masyarakat bisa lebih dekat dengan kami,” ungkap Sambodo.
Pada event ini, panitia membagikan hadiah mulai dari alat-alat elektronik hingga hadiah utama berupa sepeda gunung. Tak hanya itu, di lokasi finish, peserta dihibur dengan musik dangdut.
“Kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini,” ungkapnya.
Pada kesempatan sama, Wakil Wali Kota Banjar H Akhmad Dimyati mengungkapkan, Pemerintah Kota Banjar mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. “Kami sangat mengapresiasi positif terselenggaranya acara (sepeda santai) ini. Semoga bisa diselenggarakan terus secara rutin,” ungkapnya.
Di sela-sela pembagian hadiah, Ketua Komunitas Ekspresi Ibu-Ibu Suka Bersepeda (Exiss) Kota Banjar Nana Haryana mengungkapkan, puluhan anggotanya turut memeriahkan event sepeda santai ini. Selain sudah hobi, kata dia, bersepada juga baik bagi kesehatan.
“Saat ini kami sudah memiliki enam puluh anggota dan sebagian besar mereka bisa mengikuti acara (sepeda santai) yang diselenggarakan Radar Banjar. Bahkan sebagian mereka mendapatkan hadiah,” ungkapnya penuh semangat.
Adapun pemenang hadiah utama berupa tiga sepeda gunung yakni Mumun Mahmud (62) dari komunitas sepeda Orange Jus (Olahraga Neangan Jalan Alus), Heru (66) dari Ortaci (Olahraga Tamba Cicing) dan Erawan (32) dari BGM (Barudak Gunung Menak). Ketiganya berasal dari Kota Banjar.
Sementara itu, acara dihadiri para pejabat Pemerintah Kota Banjar. Diantaranya Kepala Inspektorat, Dirut RSUD Kota Banjar, Sekretaris Dinas Kesehatan. Acara juga dihadiri Dirut Banjar Water Park, Danramil 1313 dan anggota Batalyon 323 Rider.
Adapun beberapa komunitas sepeda yang turut memeriahkan HUT Bhayangkara ini diantaranya komunitas Exiss, Gojec Majenang, PWH Tanjungsukur, Basadjan Onthel, Kosela Onthel, Ortaci, Fixie Banjar Club Onthel Lakbok dan Bhayangkara Cycling Club Banjar. (zi)
Sumber : Radar Banjar (http://www.radartasikmalaya.com/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=76&Itemid=171)