06.19
Karawang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui Dinas Cipta Karya setempat masih memperbaikai atau memasang lampu-lampu penerangan jalan umum di sepanjang jalur mudik Karawang.

"Kita masih melakukan pemasangan lampu PJU (penerang jalan umum) di jalur mudik itu, khususnya di jalur mudik khusus sepeda motor," kata Kasi Pertamanan Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang Novi Gunawan di Karawang, Kamis.

Dikatakannya, pemasangan dan perbaikan lampu PJU di sepanjang jalur mudik tersebut sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa pekan terakhir.

Perbaikan dan pemasangan lampu PJU itu sendiri diprioritaskan di sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor.

Bupati Karawang Ade Swara mengaku pihakya telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp200 juta untuk pemasangan lampu PJU di sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor.

Pemasangan lampu penerangan jalan umum atau lampu PJU itu dilakukan karena di sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor mulai dari Johar-Cikalong tersebut cukup minim lampu PJU.

"Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kita akan memasang lampu PJU di sepanjang jalur mudik wilayah Karawang. Anggarannya sudah dialokasikan," kata bupati.

Keberadaan lampu PJU itu bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas pada malam hari di jalur khusus sepeda motor tersebut.