11.14

Puncak arus mudik jalur selatan terjadi Kamis dan Jumat (17/8) siang. Tak melulu jalur Pantura, jalur selatan pun tak jauh beda, macet berkepanjangan.

Yosi, 28 tahun, salah satu pemudik yang menggunakan mobil mengeluhkan macet yang sama sekali tidak bergerak di Nagrek semalam. "Arah Malangbong macet nggak gerak. Nagrek macet total. Ternyata pasar yang bikin macet," ujar dia saat dihubungi merdeka.com, Jumat (17/8).

Yosi bertolak dari Jakarta pada pukul 20.00 WIB Kamis (16/8), hingga sekitar pukul 14.00 WIB dia baru sampai di perbatasan Banjar Patroman-Majenang. "Macet sekali. Macet mulai dari tol Cikampek, Cileunyi dan Nagrek," kata dia.

Pemudik lain yang lewat jalur selatan, Dimas (31) mengakui macet panjang mengiringi sejak Jakarta. Macet sudah terjadi di ruas tol Jakarta-Cileunyi yang harus ditempuh 10 jam. Berikutnya, selama tujuh jam tersisa untuk menempuh Cileunyi-Tasikmalaya. Normalnya, Jakarta hingga Tasikmalaya biasanya hanya sekitar enam jam.

"Keluar tol Cileunyi, merambat karena perlintasan kereta, paling parah macet. Malangbong macet lagi karena tanjakan dan pasar," kata Dimas.