11.08

MANISNYA PEPAYA CALIFORNIA, MANISNYA SENYUM PETANI


Muktisari-Langensari 15/05.  Petani pepaya muktisari kemarin berkumpul di kediaman Budi, ketua salah satu komunitas petani pepaya yang bernama "Carica Pepaya" dalam rangka menjual hasil panenan mereka selama satu pekan. Panen pepaya ini terbilang luarbisa karena dalam satu minggu komunitas ini dapat menghasilkan 20-25ton pepaya siap jual.
drg Darmadji mengadakan diskusi langsung ditempat pengumpulan hasil panen warga ini, sontak saja berbagai aspirasi petani dan antusiasme mereka akan perhatian instansi terkait mengenai kebutuhan sarana penunjang. Budi mengatakan "dengan kapasitas produksi yang terus meningkat, petani berharap ada bantuan segera perbaikan jalan menuju kebun pepaya yang saat ini dalam konsisi kurang bagus, jalan ini menjangkau 4 titik lokasi kebun kelompok kecil petani. Dan rekan media bisa saksikan sendiri, sementara ini sarana angkutan pepaya dari kebun menuju penampungan masih menggunakan 3 motor yang dimodifikasi tambahan kotak kayu dibelakang itupun hanya dapat menahan beban maksimal 100 kg saja. Kita bisa bayangkan harus berapa kali bolak balik motor ini mengambil hasil panen". Budi berharap ada bantuan sarana angkut yang lebih memadai dan murah. "motor roda 3 bisa menjadi alternatif pilihan menurut saya karena selain dapatdengan mudah menjangkau lokasi juga daya angkutnya bisa mencapai 300 kg".
Keberhasilan para petani ini tidak terlepas dari Asep, penyuluh kecamatan yang langsung membina kelompok petani mulai dari tahap pemilihan benih, pemupukan, perawatan, hingga tata cara panen yang benar. "saya rasa dari alur bertani pepaya yang sesuai prosedur inilah yang akhirnya memberikan hasil panenan terbaik bagi kelompok ini, dan pepaya yang lokal yang sekarang sering disebut pepaya california ini sangat diminati pasar sehingga mudah dalam proses penjualannya.". kata Asep.